Selasa, 21 April 2015

Cara Mudah Mencegah Batu Ginjal

Cara Mudah Mencegah Batu Ginjal

Pada umumnya batu ginjal lebih dominan diderita oleh kaum pria berusia antara 30 sampai 50 tahun dibanding wanita. Banyak hal yang menyebabkan timbulnya batu ginjal seperti faktor keturunan, pola makan yang tidak teratur, sering menahan buang air, banyak mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung bahan kimia, kurang minum air putih, serta lingkungan suhu udara sekitar yang tidak mendukung.
Penyakit ini akan sangat berbahaya jika kita tidak memperhatikannya secara dini. Berikut langkah-langkah yang dapat dicoba untuk mencegah penyakit batu ginjal.
dr rochelle skin expert

cream wajah

dr rochelle skin expert

dr rochelle skin expert

1. Kurangi beberapa jenis makanan
Yang perlu Anda perhatikan adalah mengurangi beberapa jenis makanan yang memiliki kandungan tertentu. Pertama adalah kurangi makanan kaya oksalat seperti bayam, ubi jalar, kacang-kacangan, teh, coklat, dan kedelai.
Kemudian, buatlah diet rendah garam dan protein hewani yang berarti Anda harus mengurangi makanan bersodium dan daging-dagingan. Asupan sodium maksimal yang boleh dikonsumsi adalah 1.500 miligram per hari.
Mengonsumsi minuman seperti grapefruit juice dan minuman bersoda juga harus dibatasi karena kedua jenis minuman tersebut meningkatkan risiko batu ginjal.

2. Banyak minum air putih
Jangan biarkan diri Anda dehidrasi terlebih jika Anda tinggal di daerah beriklim panas. Perbanyaklah minum air putih karena penelitian menunjukkan bahwa orang yang minum lebih dari 2 1/2 liter air putih mengalami 40 persen penurunan risiko batu ginjal dibanding mereka yang kurang minum air putih.

3. Minum suplemen tambahan
Suplemen kalsium, pyridoxine, dan magnesium dapat mengurangi risiko penyakit batu ginjal. Untuk suplemen kalsium, asupannya harus dibatasi sementara suplemen pyridoxine dan magnesium bila diminum bersamaan akan mengurangi jumlah oksalat pada batu ginjal.
Batu ginjal dapat dicegah melalui tiga cara tersebut di atas dan yang terpenting adalah melalui pola hidup sehat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog